Jumat, 19 Agustus 2011

KEADAAN UMUM KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR

Letak Geografi Wilayah
Kecamatan Tanjung Batu merupakan salah satu dari 16 kecamatan dalam Kabupaten Ogan Ilir. Kecamatan Tanjung Batu terbentuk sejak terbentuknya Kabupaten OKI 60 tahun yang lalu, namun sebagai bagian dari Kabupaten Ogan Ilir Kecamatan Tanjung Batu ditetapkan kembali berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten Ogan Ilir di Provinsi Sumatera Selatan sebagai salah satu Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir. Sebagai kecamatan tua Camat yang pernah memimpin Kecamatan Tanjung Batu hingga Agustus 2011 berjumlah 24 Camat, dengan Camat saat ini M. Kapidin, S.Sos.
Secara geografis Kecamatan Tanjung Batu terletak diantara 30 14' Lintang Selatan sampai 30 26' Lintang Selatan dan diantara 1040 32'  Bujur Timur sampai 1040 45'   Bujur Timur.  Luas wilayah Kecamatan Tanjung Batu adalah 26.375 hektar atau 263,75 km2 terbagi kedalam dataran rendah sampai ketinggian 10 meter dari permukaan laut, dengan daratan mencapai 80 persen dan rawa—rawa 20 persen.  Batas-batas wilayah Kecamatan Tanjung Batu adalah :
Sebelah Utara   : dengan Kecamatan Indralaya Utara dan Kecamatan Indralaya
Sebelah Selatan : dengan Kecamatan Payaraman, Kec Lubuk Keliat dan Kec.
                             Rantau Alai 
Sebelah Timur   : dengan Kecamatan Indralaya Selatan dan Kec Tanjung Raja
Sebelah Barat    : dengan Kabupaten  Muara Enim
Kecamatan Tanjung Batu dengan ibukota di Kelurahan Tanjung Batu dan Kelurahan Tanjung Batu Timur. Kecamatan Tanjung Batu mempunyai 19 desa dan 2 kelurahan. Desa dengan wilayah terluas adalah Desa Burai dengan luas 39,52 km2 atau 3.952 hektar, dan Desa Sentul dengan luas wilayah 34,92 km2 atau 3.492 hektar. Sedangkan desa tersempit adalah Desa Seribandung yang luas wilayahnya hanya mencapai 3,98 km2 atau 398 hektar, dan Desa Tanjung Batu Seberang dengan luas wilayah 6,47 km2 atau 647 hektar. 
Kecamatan Tanjung Batu merupakan wilayah yang mempunyai Iklim Tropis Basah (Type B) dengan musim kemarau  berkisar antara bulan Mei sampai dengan bulan Oktober, sedangkan musim hujan berkisar antara bulan November sampai dengan April.  Pada tahun 2010 iklim di Kabupaten Ogan Ilir telah mengalami pergeseran sehingga musim hujan terjadi sepanjang tahun.   Musim kemarau dengan sedikit turun hujan terjadi pada bulan-bulan April sampai Agustus 2010. Curah  hujan rata-rata 1.159,25 mm, dan rata-rata jumlah hari hujan 59 hari per tahun.  Suhu udara harian berkisar antara 230 C sampai 320 Celcius.  Rata-rata Kelembaban udara harian berkisar antara 69 % sampai 98 %.
Wilayah Kecamatan Tanjung Batu dialiri oleh satu anak sungai Ogan yaitu Batanghari Penesak (batanghari rengas, payo serdang/seribandung lamo, payo penyurek, payo perigi, payo sambur) yang mengalir mulai dari Desa Rengas, Tanjung Lalang, Serikembang sampai Meranjat, serta sungai kelekar yang mengalir di desa burai dan Sentul yang bermuara di Sungai Ogan di Indralaya.


Di Kecamatan Tanjung batu terdapat sarana pasar mingguan yang disebut KALANGAN, berjumlah 9 unit kalangan yaitu terdapat di Kelurahan Tanjung Batu, Desa Seribandung, Seritanjung, Bangun Jaya / Tanjung Tambak, Limbang Jaya I, Tanjung Laut, Tanjung Pinang I, Sentul dan di Desa Burai.
Sedangkan sarana kesehatan yang dimiliki Kecamatan Tanjung Batu adalah 2 unit PUSKESMAS yaitu Puskesmas Tanjung Batu dan Puskesmas Seritanjung, juga terdapat 7 unit PUSKESMAS PEMBANTU yaitu PUSTU di Desa Seribandung, Tanjung Baru Petai, Tanjung Pinang I, Senuro Timur, Burai, Senuro Barat, dan PUSTU di Desa Tanjung Pinang II.

3 komentar:

  1. desa tanjung ,laut itu dibagian mananya tanjung batu ya?

    BalasHapus
  2. desa tanjung ,laut itu dibagian mananya tanjung batu ya?

    BalasHapus
  3. Ini tempat tinggalku��

    BalasHapus