Tujuan Membaca dan Manfaat Membaca

 

Tujuan Membaca dan Manfaat Membaca

Tujuan Membaca dan Manfaat Membaca - Setiap orang yang membaca pastinya ada tujuan tersendiri. Ketika membaca dengan tujuan tertentu biasanya lebih memahami maksud dan tujuan membaca dibanding dengan orang yang hanya sekedar membaca tanpa tujuan.

 

Definisi Membaca Menurut Para Ahli

Membaca merupakan suatu kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi. Kepandaian membaca pada biasanya diperoleh dari sekolah. Kepandaian membaca ini merupakan suatu keterampilan yang sangat unik serta berperan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan untuk alat komunikasi bagi kehidupan setiap manusia. Seseorang akan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan yang baru dengan membaca.

Setelah membaca, Anda akan mendapat peningkatan daya pikiran dan mempertajam pandangan, serta menambah wawasan. Sehingga kegiatan membaca sangat diperlukan oleh siapa pun yang menginginkan kemajuan dan peningkatan diri. Dalam hal ini, guru akan mengajarkan cara dan mendefinisikan pengertian membaca menurut kurikulum dan para ahli. Para guru biasanya memberikan referensi beberapa definisi membaca menurut para ahli. Buku definisi membaca menurut para ahli ini bisa anda dapatkan di toko-toko buku atau perpustakaan.

 

Berikut Berbagai Definisi Membaca Menurut Para Ahli yang perlu Anda ketahui

·         Menurut Kamus Bahasa Indonesia, definisi membaca yaitu melihat dan paham isinya, bisa dengan melisankan atau dalam hati saja.

·         Menurut Mr. Hodgson terbitan tahun 1960 halaman 43-44, definisi membaca yaitu proses yang dilakukan oleh para pembaca agar mendapatkan pesan, yang akan disampaikan dari penulis dengan perantara media kata-kata maupun bahasa tulis. Apabila pesan tersurat dan tersirat dapat dipahami, maka proses dari membaca itu akan terlaksana secara baik.

·         Menutut Mr .Finochiaro dan Bonomo terbitan tahun 1973 halaman 119, definisi membaca yaitu mengambil dan memahami suatu arti dan maknanya yang terkandung pada bahasa yang tertulis.

·         Menurut Mr.Lado terbitan tahun 1976 halaman 132, definisi membaca yaitu memahami dari pola-pola atau tata bahasa dari subuah gambaran yang tertulisnya.

·         Menurut Mr. Gorys Keraf terbitan tahun 1996 halaman 24, definisi membaca yaitu proses yang lengkapantara lainkegiatan yang mengandung unsur fisik dan mental. Oleh karena itu, membaca dapat diartikan juga sebagai proses memberikan makna dari simbol-simbol yang visual.

·         Menurut Mr.Fredick Mc Donald dalam Burns terbitan tahun 1996 halaman 8, definisi membaca merupakan rangkaian beberapa respon yang lengkap, yaitu mencakup respon sikap, kognitif, dan manipulatif. Definisi Membaca t dapat dibagi menjadi sub ketrampilan, meliputi sensori; persepsi; sekuensi; pengalaman; berpikir; belajar; asosiasi; afektif; dan konstruktif. Menurut Fredick, aktivitas membaca bisa terjadi apabila beberapa sub keterampilan itu dilakukan bersama-sama pada suatu keseluruhan yang saling terpadu.

·         Menurut Mr. Kolker terbitan tahun 1983 halaman 3, definisi membaca yaitu proses komunikasi antara si pembaca dan si penulis dengan perihal bahasa tulis. Asal kata membaca ini menurut Mr. Kolker ada tiga hal, yaitu, kognitif, afektif dan bahasa. Suatu perilaku kognitif mengacu pada pemikiran, perilaku afektif mengacu pada perasaan, dan perilaku bahasa itu mengacu pada bahasa anak.

·         Menurut Mr. Tampubolon terbitan tahun 1987 halaman 6, menyatakan bahwa bahasa tulisan itu mengandung suatu ide-ide / pikiran-pikiran, sehingga dalam memahami bahasa suatu tulisan dengan metode membaca sebagai proses-proses yang kognitif atau penalaran. Oleh karena itu, dikatakan bahwa definisi membaca yaitu cara untuk dapat pembinaan daya nalar.

·         Menurut Mr.Smith dalam buku Mr.Ginting terbitan tahun 2005, membaca yaitu suatu proses yang membangun pemahaman sari bacaan (teks) yang tertulis.

·         Menurut Mr. Juel dalam buku Mr. Sandjaja terbitan tahun 2005, membaca yaitu proses untuk dapat mengenal beberapa kata dan memadukan menjadi arti kata menjadi kalimat dan struktur bacaan. Oleh karena itu, setelah membaca dapat membuat inti sarinya dari bacaan tersebut.

 

Beberapa definisi membaca dari para ahli di atas dapat diambil kesimpulan bahwa membaca merupakan suatu proses memahami dan mengambil makna dari suatu kata-kata, gagasan, ide, konsep, dan informasi yang telah dikemukakan oleh pengarang pada bentuk tulisan.

Dengan membaca, ilmu pengetahuan Anda akan bertambah. Bahan bacaan untuk membaca itu banyak sumbernya, bisa dari buku pelajaran, majalah, koran , dan lainnya.

Pada kegiatan membaca di sekolah, guru diharapkan dapat menyusun tujuan membaca dengan membuat tujuan khusus yang dapat menyesuaikan dengan tujuan membaca siswa itu sendiri.

 

Berikut tujuan membaca dan manfaat membaca dari berbagai sumber. Tujuan membaca pada umumnya yaitu agar setiap anak mampu membaca dan memahami setiap teks pendek dengan lancar.

 

Tujuan membaca:

1.       Setiap siswa dapat memahami gagasan yang didengar secara langsung maupun tidak langsung.

2.       Setiap siswa dapat membaca teks bacaan dan mampu menyimpulkan isinya menurut kata-kata Anda sendiri.

3.       Setiap siswa dapat membaca teks bacaan secara cepat dan dapat mencatat gagasan-gagasan utama (Depdiknas tahun 1994 halaman 18 ).

 

Tujuan akhir membaca yaitu memahami ide, kemampuan menangkap makna dalam bacaan secara utuh, baik dalam bentuk narasi, teks bebas, atau puisi yang dapat disimpulkan dalam suatu karya tulis atau pun tidak tertulis.

 

Tujuan membaca secara umum adalah:

1.       mendapat informasi.

2.       mendapat pemahaman.

3.       mendapat kesenangan.

 

Sedangkan tujuan membaca secara khusus adalah:

1.       mendapat informasi faktual.

2.       mendapat keterangan khusus dan problematis.

3.       memberi penilaian kritis pada karya tulis seseorang.

4.       mendapat kenikmatan emosi.

5.       mengisi kegiatan waktu luang.

 

Pendapat Nurhadi terbitan tahun 1987 yang mengutip pendapat dari Waples terbitan tahun 1967 menuliskan tujuan membaca adalah :

1.       Sebagai alat atau cara praktis untuk mengatasi masalah.

2.       Mendapatkan hasil prestise yaitu mendapat rasa lebih bila dibanding dengan orang lain lingkungan pergaulannya.

3.       Memperkuat nilai kepribadian atau keyakinan.

4.       Mengganti pengalaman estetika yang sudah kuno.

5.       Menghindari diri dari berbagai kesulitan, ketakutan, atau penyakit tertentu.

 

Hal menarik yang disampaikan oleh Nurhadi terbitan tahun 1987 yaitu bahwa tujuan membaca dapat mempengaruhi pemahaman bacaan. Hal ini berarti semakin kuat tujuan seorang untuk membaca maka semakin meningkat pula kemampuan orang itu untuk memahami bacaannya.

 

Manfaat Membaca

1.       Mendapat banyak pengalaman hidup.

2.       Mendapat pengetahuan umum dan informasi tertentu yang berguna bagi kehidupan.

3.       Dapat mengetahui berbagai peristiwa kebudayaan dan sejarah suatu bangsa.

4.       Bisa mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan terbaru di dunia.

5.       Bisa memperkaya batin, memperluas cara pandang dan pola pikir, mampu meningkatkan taraf hidup untuk keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa.

6.       Bisa menyelesaikan berbagai masalah kehidupan dan mengantarkan seseorang menjadi pandai.

7.       Bisa memperkaya perbedaan kata atau istilah lainnya yang menunjang keterampilan menyimak bacaan.

8.       Meningkatkan potensi setiap pribadi dan meningkatkan desistensi dan lainnya.

 

Demikianlah bahasan ringkas kami mengenai tujuan membaca dan manfaat membaca. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di lain kesempatan (Tim KTB).

Tidak ada komentar untuk "Tujuan Membaca dan Manfaat Membaca"

Iklan Bawah Artikel