Tujuan Membaca dan Manfaat Membaca
Tujuan Membaca dan Manfaat Membaca - Setiap orang yang membaca pastinya ada tujuan tersendiri. Ketika
membaca dengan tujuan tertentu biasanya lebih memahami maksud dan tujuan
membaca dibanding dengan orang yang hanya sekedar membaca tanpa tujuan.
Definisi Membaca Menurut Para Ahli
Membaca merupakan suatu kegiatan untuk
mendapatkan pengetahuan dan informasi. Kepandaian membaca pada biasanya
diperoleh dari sekolah. Kepandaian membaca ini merupakan suatu keterampilan
yang sangat unik serta berperan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan
untuk alat komunikasi bagi kehidupan setiap manusia. Seseorang akan memperoleh
informasi dan ilmu pengetahuan yang baru dengan membaca.
Setelah membaca, Anda akan mendapat
peningkatan daya pikiran dan mempertajam pandangan, serta menambah wawasan.
Sehingga kegiatan membaca sangat diperlukan oleh siapa pun yang menginginkan
kemajuan dan peningkatan diri. Dalam hal ini, guru akan mengajarkan cara dan
mendefinisikan pengertian membaca menurut kurikulum dan para ahli. Para guru
biasanya memberikan referensi beberapa definisi membaca menurut para ahli. Buku
definisi membaca menurut para ahli ini bisa anda dapatkan di toko-toko buku
atau perpustakaan.
Berikut Berbagai Definisi Membaca Menurut Para
Ahli yang perlu Anda ketahui
·
Menurut Kamus Bahasa Indonesia,
definisi membaca yaitu melihat dan paham isinya, bisa dengan melisankan atau
dalam hati saja.
·
Menurut Mr. Hodgson terbitan tahun
1960 halaman 43-44, definisi membaca yaitu proses yang dilakukan oleh para
pembaca agar mendapatkan pesan, yang akan disampaikan dari penulis dengan
perantara media kata-kata maupun bahasa tulis. Apabila pesan tersurat dan
tersirat dapat dipahami, maka proses dari membaca itu akan terlaksana secara
baik.
·
Menutut Mr .Finochiaro dan Bonomo
terbitan tahun 1973 halaman 119, definisi membaca yaitu mengambil dan memahami
suatu arti dan maknanya yang terkandung pada bahasa yang tertulis.
·
Menurut Mr.Lado terbitan tahun
1976 halaman 132, definisi membaca yaitu memahami dari pola-pola atau tata
bahasa dari subuah gambaran yang tertulisnya.
·
Menurut Mr. Gorys Keraf terbitan
tahun 1996 halaman 24, definisi membaca yaitu proses yang lengkapantara
lainkegiatan yang mengandung unsur fisik dan mental. Oleh karena itu, membaca
dapat diartikan juga sebagai proses memberikan makna dari simbol-simbol yang
visual.
·
Menurut Mr.Fredick Mc Donald dalam
Burns terbitan tahun 1996 halaman 8, definisi membaca merupakan rangkaian
beberapa respon yang lengkap, yaitu mencakup respon sikap, kognitif, dan
manipulatif. Definisi Membaca t dapat dibagi menjadi sub ketrampilan, meliputi
sensori; persepsi; sekuensi; pengalaman; berpikir; belajar; asosiasi; afektif;
dan konstruktif. Menurut Fredick, aktivitas membaca bisa terjadi apabila
beberapa sub keterampilan itu dilakukan bersama-sama pada suatu keseluruhan
yang saling terpadu.
·
Menurut Mr. Kolker terbitan tahun
1983 halaman 3, definisi membaca yaitu proses komunikasi antara si pembaca dan
si penulis dengan perihal bahasa tulis. Asal kata membaca ini menurut Mr.
Kolker ada tiga hal, yaitu, kognitif, afektif dan bahasa. Suatu perilaku
kognitif mengacu pada pemikiran, perilaku afektif mengacu pada perasaan, dan
perilaku bahasa itu mengacu pada bahasa anak.
·
Menurut Mr. Tampubolon terbitan
tahun 1987 halaman 6, menyatakan bahwa bahasa tulisan itu mengandung suatu
ide-ide / pikiran-pikiran, sehingga dalam memahami bahasa suatu tulisan dengan
metode membaca sebagai proses-proses yang kognitif atau penalaran. Oleh karena
itu, dikatakan bahwa definisi membaca yaitu cara untuk dapat pembinaan daya
nalar.
·
Menurut Mr.Smith dalam buku
Mr.Ginting terbitan tahun 2005, membaca yaitu suatu proses yang membangun
pemahaman sari bacaan (teks) yang tertulis.
·
Menurut Mr. Juel dalam buku Mr. Sandjaja
terbitan tahun 2005, membaca yaitu proses untuk dapat mengenal beberapa kata
dan memadukan menjadi arti kata menjadi kalimat dan struktur bacaan. Oleh
karena itu, setelah membaca dapat membuat inti sarinya dari bacaan tersebut.
Beberapa definisi membaca dari para ahli di
atas dapat diambil kesimpulan bahwa membaca merupakan suatu proses memahami dan
mengambil makna dari suatu kata-kata, gagasan, ide, konsep, dan informasi yang
telah dikemukakan oleh pengarang pada bentuk tulisan.
Dengan membaca, ilmu pengetahuan Anda akan
bertambah. Bahan bacaan untuk membaca itu banyak sumbernya, bisa dari buku
pelajaran, majalah, koran , dan lainnya.
Pada kegiatan membaca di sekolah, guru
diharapkan dapat menyusun tujuan membaca dengan membuat tujuan khusus yang
dapat menyesuaikan dengan tujuan membaca siswa itu sendiri.
Berikut tujuan membaca dan manfaat membaca
dari berbagai sumber. Tujuan membaca pada umumnya yaitu agar setiap anak mampu
membaca dan memahami setiap teks pendek dengan lancar.
Tujuan membaca:
1.
Setiap siswa dapat memahami
gagasan yang didengar secara langsung maupun tidak langsung.
2.
Setiap siswa dapat membaca teks
bacaan dan mampu menyimpulkan isinya menurut kata-kata Anda sendiri.
3.
Setiap siswa dapat membaca teks
bacaan secara cepat dan dapat mencatat gagasan-gagasan utama (Depdiknas tahun
1994 halaman 18 ).
Tujuan akhir membaca yaitu memahami ide,
kemampuan menangkap makna dalam bacaan secara utuh, baik dalam bentuk narasi,
teks bebas, atau puisi yang dapat disimpulkan dalam suatu karya tulis atau pun
tidak tertulis.
Tujuan membaca secara umum adalah:
1.
mendapat informasi.
2.
mendapat pemahaman.
3.
mendapat kesenangan.
Sedangkan tujuan membaca secara khusus
adalah:
1.
mendapat informasi faktual.
2.
mendapat keterangan khusus dan
problematis.
3.
memberi penilaian kritis pada
karya tulis seseorang.
4.
mendapat kenikmatan emosi.
5.
mengisi kegiatan waktu luang.
Pendapat Nurhadi terbitan tahun 1987 yang
mengutip pendapat dari Waples terbitan tahun 1967 menuliskan tujuan membaca
adalah :
1.
Sebagai alat atau cara praktis
untuk mengatasi masalah.
2.
Mendapatkan hasil prestise yaitu
mendapat rasa lebih bila dibanding dengan orang lain lingkungan pergaulannya.
3.
Memperkuat nilai kepribadian atau
keyakinan.
4.
Mengganti pengalaman estetika yang
sudah kuno.
5.
Menghindari diri dari berbagai
kesulitan, ketakutan, atau penyakit tertentu.
Hal menarik yang disampaikan oleh Nurhadi
terbitan tahun 1987 yaitu bahwa tujuan membaca dapat mempengaruhi pemahaman
bacaan. Hal ini berarti semakin kuat tujuan seorang untuk membaca maka semakin
meningkat pula kemampuan orang itu untuk memahami bacaannya.
Manfaat Membaca
1.
Mendapat banyak pengalaman hidup.
2.
Mendapat pengetahuan umum dan
informasi tertentu yang berguna bagi kehidupan.
3.
Dapat mengetahui berbagai
peristiwa kebudayaan dan sejarah suatu bangsa.
4.
Bisa mengikuti perkembangan
teknologi dan ilmu pengetahuan terbaru di dunia.
5.
Bisa memperkaya batin, memperluas
cara pandang dan pola pikir, mampu meningkatkan taraf hidup untuk keluarga,
masyarakat, nusa dan bangsa.
6.
Bisa menyelesaikan berbagai
masalah kehidupan dan mengantarkan seseorang menjadi pandai.
7.
Bisa memperkaya perbedaan kata
atau istilah lainnya yang menunjang keterampilan menyimak bacaan.
8.
Meningkatkan potensi setiap
pribadi dan meningkatkan desistensi dan lainnya.
Demikianlah bahasan ringkas kami mengenai tujuan
membaca dan manfaat membaca. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di lain
kesempatan (Tim KTB).
Tidak ada komentar untuk "Tujuan Membaca dan Manfaat Membaca"
Posting Komentar